11 Sep 2024
Probolinggo – 4 Oktober 2024, Perumda Air Minum Kota Probolinggo menerima laporan dari Lurah Wonoasih, bahwasannya terdapat pipa air yang bocor yang menyebabkan adanya genangan air di Perempatan Pasar Wonoasih. Menanggapi laporan tersebut, dengan cepat pihak Perumdam Bayuangga Kota Probolinggo mengirimkan tim teknis untuk melakukan peninjauan langsung di lokasi yang dilaporkan untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai masalah yang ada.
Setelah dilakukan pengecekan mendetail, menemukan bahwa kebocoran pipa terjadi karena adanya tekanan debit air yang terlalu besar sehingga pipa tidak dapat menahan tekanan itu dan terjadilah kebocoran yang menyebabkan air meluap ke atas permukaan tanah menyebabkan genangan air. Dalam menangani permasalahan ini, tim teknis melakukan serangkaian langkah perbaikan, seperti menyedot air yang menggenang dan menutupi pipa, melakukan pergantian pipa serta dilakukannya penyesuaian pada tekanan debit air yang akan disalurkan melalui pipa tersebut.
Upaya ini bukan hanya fokus pada perbaikan kerusakan fisik pipa, namun juga bertujuan untuk memastikan bahwa air yang diterima oleh masyarakat aman, lancar, dan berkualitas. Hal ini merupakan prioritas utama Perumdam Bayuangga Kota Probolinggo dalam memberikan layanan terbaik bagi warganya. Komitmen Perumdam Bayuangga Kota Probolinggo dalam menanggapi keluhan masyarakat menunjukkan keseriusan kami dalam menjaga kepercayaan publik dan kualitas layanan air bersih.
Perumdam Bayuangga Kota Probolinggo bersama Mercy Corps Indonesia dan USAID IUWASH PASAR mengadakan diskusi untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap layanan air bersih dengan strategi edukasi dan promosi.
Sehubungan dengan adanya perbaikan atau pemeliharaan pompa submersible di ground reservoir Wonoasih, terdapat potensi gangguan berupa aliran air yang kecil atau bahkan tidak keluar di wilayah barat dan sekitarnya. Wilayah terdampak meliputi Kecamatan Kademangan, sebagian Kecamatan Kanigaran, Kecamatan Wonoasih, dan Kecamatan Kedopok.
Untuk meningkatkan wilayah pelayanan bagian utara, Perumdam berkomitmen terus tingkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Perawatan rutin pompa di Ground Wonoasih memastikan distribusi air bersih optimsl, mencegah kerusahan, dan menjaga keandalan sistem untuk pelayanan terbaik bagi masyarakat sekitar.
Perumdam Bayuangga terus meningkatkan kualitas dengan inovasi dan masukan dari masyarakat kademangan.
© 2024 Perumdam Bayuangga. All Rights Reserved.