15 Nov 2024
Kota Probolinggo - Perumdam Bayuangga Kota Probolinggo mengadakan diskusi bersama Mercy Corps Indonesia dan USAID IUWASH PASAR mengenai strategi pemasaran sambungan rumah bagi masyarakat setempat. Diskusi yang berlangsung dari pukul 09.30 hingga 11.00 WIB ini bertujuan mengatasi kendala pemahaman masyarakat tentang penggunaan air bersih, terutama di wilayah selatan Kota Probolinggo, yang masih banyak mengandalkan air tanah sebagai sumber utama
Dalam diskusi tersebut, terungkap bahwa salah satu tantangan utama adalah rendahnya minat masyarakat untuk beralih ke air bersih karena biaya pemasangan yang cukup tinggi. Selain itu,mereka merasa air tanah masih mencukupi kebutuhan sehari-hari tanpa biaya tambahan.
Pihak USAID IUWASH menyarankan agar Perumdam mengedukasi masyarakat melalui promosi yang informatif, seperti penyebaran informasi mengenai bahaya bakteri E. coli dalam air tanah, yang dapat disampaikan melalui video atau brosur.
Selain itu, disarankan untuk melakukan kampanye dengan bantuan kader lapangan, agar masyarakat lebih memahami pentingnya air bersih.
Perumdam Bayuangga Kota Probolinggo juga berencana untuk berinovasi dengan mengubah layanan air bersih menjadi air minum, meskipun masih terdapat kendala pendanaan. Mereka mempertimbangkan strategi promosi dari pintu ke pintu yang lebih personal, agar masyarakat dapat memahami detail layanan secara individu tanpa terpengaruh opini kelompok.
Strategi tambahan seperti perbandingan biaya antara air tanah dan air bersih, serta edukasi mengenai pemasangan baru dengan alat penyaring air (water filter), juga dibahas untuk menambah daya tarik masyarakat terhadap layanan air bersih Perumdam Bayuangga. Upaya complain handling juga disarankan untuk meningkatkan respons terhadap keluhan warga.
Dengan potensi peningkatan layanan di wilayah selatan, Perumdam Bayuangga berharap dapat meningkatkan minat masyarakat menggunakan layanan mereka, sehingga kesehatan dan kualitas hidup warga Kota Probolinggo dapat lebih terjamin.
Untuk meningkatkan wilayah pelayanan bagian utara, Perumdam berkomitmen terus tingkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Pemerintah lakukan monev di Perumdam Bayuangga kota Probolinggo, dorong peningkatan pelayanan air bersih dan laporan triwulan keuangan III
Perumdam Bayuangga Kota Probolinggo bersama Mercy Corps Indonesia dan USAID IUWASH PASAR mengadakan diskusi untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap layanan air bersih dengan strategi edukasi dan promosi.
Perumda Air Minum Kota Probolinggo menerima laporan pipa bocor di Perempatan Pasar Wonoasih dari Lurah Wonoasih. Tim teknis segera dikirim untuk meninjau lokasi. Peninjauan dilakukan untuk memahami masalah secara langsung.
Untuk meningkatkan pelayanan dan kepercayaan masyarakat Perumdam Bayuangga Kota Probolingg
© 2024 Perumdam Bayuangga. All Rights Reserved.